Selasa, 27 November 2012

tips yang mau khitan bayi

tips ini berdasarkan pengalaman dengan dokter spesialis bedah anak dan dilakukan pada bayi usia 8 bulan.
  1. kalo khitan karena ada masalah, sebaiknya ke dokter spesialis bedah anak. biasanya mereka memang sudah terbiasa meng-khitankan anak. untuk kasus yusuf, pas kontrol pertama, smua pasien yang datang adalah untuk khitan, sampe2 aku berkesimpulan, si dokter ini adalah calak yang mahal :p
  2. minta eksekusi dilakukan pagi hari. kalo bisa jam 7. usia yusuf adalah usia yang sangat aktif. mau tau-nya dah gede, tp blom bisa dikasih tau. nah lo... jadi sama pak dokter yusuf musti dibius total. jadilah prosesi khitan yang seharusnya operasi kecil dan bisa bius lokal aja, jadi kayak operasi besar. yusuf harus puasa mulai jam 3. jadi sejak jam 1 yusuf bolak balik aku susuin. biar kenyang. alhamdulillah sampe eksekusi yusuf ga rewel kehausan. kalo eksekusi tll siang, dikhawatirkan bayi akan menderita saat puasa.
  3. sebaiknya bayi dianter ke ruang operasi, ditemenin sampe tidur, kalo susternya ngotot ga boleh, orang tua mustinya ngotot nemenin. pas yusuf khitan, kami ga ada yang nemenin, hasilnya, pas dia sadar, dia ngamuk sejadi2nya. aku yakin bukan karena sakit, karena anti nyerinya masih bekerja 4 jam ke depan. dia ngamuk pasti karena takut sendirian di ruang operasi dan dibekap masker bius. maapin ibu ya yusuf.... ibu bener2 ga tau kalo kamu digitukan. ibu pikir kamu disuntik.
  4. karena yusuf dibius dengan menggunakan masker, maka begitu sadar yusuf boleh disusui. sebenernya ada suster yang nyuruh kasih air putih dulu dikit2 baru disusui setelah 30menitan. tp instruksi pak dokter jelas. boleh disusui begitu yusuf sadar.
  5. luka hasil khitan berupa luka sayatan yang nyaris bersih. lukanya kayak luka lecet aja, bukan luka yang bersimbah darah. yusuf cuma dikasih antibiotik dan anti nyeri berupa puyer dan bedak sulfa untuk lukanya. yusuf blom boleh mandi sampe 2 hari ke depan *aku mandiin yusuf setelah 3 hari, skalian biar lukanya lebih kering*. segala cairan ato apapun yang keluar dari hasil khitan, ga boleh diutek2. penisnya yusuf di hari pertama itu keliatan membengkak dan jelek banget. biarin aja, entar kempes kok. pokoke nurut apa katanya pak dokter dan rajin minum obatnya.
  6. anak ga perlu tll dibatasi geraknya. di malam pertama yusuf khitan, dia dah tidur tengkurap. sebenernya aku juga ga tega kalo dia tll sering tengkurap, takut kalo lukanya mbuka lagi. tp tll dibatasi juga ga perlu. yang penting dijaga kebersihan tempat dia guling2. dan dia cuma guling2 di atas kasur, ga di lantai.
  7. di hari yusuf mandi, aku kasih celana kodok juga. sebelumnya dia cuma kututupi popok, soale ga sempet nyiapin sarung bayi :p saat itu penisnya masih jelek, tp dah mulai mimpes. gpp kok, ga keliatan :p
  8. yusuf kontrol pertama pasca operasi seminggu kemudian. dikasih PK buat berendam. buat ngilangin upil2 bekas lukanya. dah kering2 gitu. tp masih lengket di kulitnya.
  9. setelah 3 hari direndam PK, upil2nya dah bersih semua. lukanya dah bagus, dah rapih jalih.
begitulah tips ato sharing pengalaman untuk khitan bayi.

Tidak ada komentar: